Minggu, 11 Desember 2011

Cara Mengatasi ES seri T/L (T13/L100/L200/L800) Sering Paper Jamp

Sorry broo.. baru bisa update, padahal ni solusi dah lama ku dapetin dari hasil pengalaman memperbaiki servisan Epson Stylus T13. Untuk Epson type L100/L200/L800 kayaknya sama deh mekaniknya. Kasus yang ane tangani kemaren adalah printer sering paper jamp diiringi bunyi semacam tabrakan antara roda gigi satu dengan lawannya pada mekanik penarik kertas. Nah buat kawan-kawan alias bro..thers yang mengalami hal tersebut, sepatutnya mencoba untuk menyimak dan mempraktekkan langkah-langkah berikut ini :

1. Langkah pertama keluarkan unit Roller dari kedudukannya pada printer, tentunya kawan-kawan sudah memiliki keahlian/kebisaan membongkar printer. Lihat gambar pada tanda panah pertama.
2. Langkah kedua bongkar/pisahkan unit roller dari persatuannya hingga terlihat pada gambar yang ditunjukkan tanda panah 2 & 3. Pada ujung panah ke 3 diperlihatkan AUS/rusaknya dudukan AS roda gigi penggerak roller akibat gesekkan yang terjadi saat menarik kertas. Dudukan AS tidak lagi bulat utuh sehingga memperjauh/memperlebar jarak pertemuan roda gigi yang menyebabkan roda gigi lawan tidak bisa berputar semestinya dan menimbulkan suara keras.
3. Masalah ini disebabkan terkikisnya lingkaran bulat dudukan AS roda gigi roller, hal ini tidak boleh terjadi bila melampau batas. Apabila terlanjur basah sudah,,,, (hehe...) maka kekuatan pikiran Anda harus bekerja untuk memunculkan ide kreative tanpa batas untuk bisa mengembalikan fungsi alat tersebut agar normal kembali. Salah satu cara yang saya gunakan adalah mengganjalnya dengan plat besi.
4.  Bentuklah plat besi/seng/dll sedemikian rupa dan pasangkan/ganjalkan antara AS roda gigi roller dengan dudukannya untuk memperkokoh posisinya sehingga bisa berfungsi maksimal. Lihat gambar tanda panah 4 & 5.
5. Setelah plat terpasang dengan baik, selanjutnya pasang baut pengikat unit rollnya (tanda panah 6 ) dan rakit kembali printer Anda.
6. Testprint printernya dan apabila berhasil bersyukurlah kepada yang memberi Anda kesehatan jasmani maupun rohani (Tuhan Alloh SWT) sehingga Anda dapat mengerjakan pekerjaan Anda dengan baik.
7. Semoga bermanfaat.... n jangan lupa komentnya bila sudah dapet manfaatnya.

 SELAMAT MENCOBA.... INDONESIA BISA!!! Anda bisa...! karena Anda adalah INDONESIA

34 komentar:

  1. wah sip tu postingan'y gan, tp klo boleh minta postingn jgn buat printer Ink trus oh gan? skali kali dot matrix'y dong gan??
    kta'y Spesialis Printer?? Dot Matrik jg kn printer.
    hee

    trims.

    BalasHapus
  2. iyo gan soir belum tercurahkan semua ke blog. ilmunya insyaAlloh sdh ada dalam otak ni, cuma semangat nulis and kesempatan menggoreskan tinta ni belum sampai disini. Soir gan yo,, mohon di tunggu za update an selanjutnya. And mohon doanya jg gan ya..

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas infonya teman. Saya coba praktekkan dan berhasil. saya pake plastik PVC (untuk ID Card) sebagai pengganti seng dengan ukuran +- 2 mm dan mengganjalnya di bagian bawahnya

    BalasHapus
  4. Thanks Infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. ane berhasil.... tangkyu ilmunya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke thanks semuanya,, mohon doanya aja biar terus berkembang. amin.

      Hapus
  6. makisi buat postingan nya keep live blognya gan ane tes dulu.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks.. selamat menikmati. :)

      Hapus
  7. Wah, nich dia postingan yang sy cari... Tapi sy orang awam... alias belum bs bngkar printer gimana ya Gan?.... bisa posting cara bongkar L200 dan T60 gak Gan?... matur suwun... Semoga diberikan kesehtan dan kelancaran sehingga kita2 yang awam ini mendapatkan lampu penerangan... Amin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada intinya kudu berani melakukan, jangan takut salah. klo masih belum yakin dengan kemampuan, sambil bongkar2 sambil di foto jg printernya biar klo lupa ntar bisa lihat gambar kondisi sebelum dibongkar. klo cara sederhananya si tinggal dilepas bautnya trus setiap pengunci klip pada cover ada celah untuk dicongkel sedikit dan tidak akan patah jika dilakukan dengan hati2. Untuk printer jenis roll ini, tidak perlu bongkar part dalam selain rollernya, cuma bongkar cover atas saja dan klo gak salah cuma ada dua baut dibelakan yang dilepas, selanjutnya obeng minus buat nyongkel sedikit. itu saja petunjuk pendeknya, moga bermanfaat.

      Hapus
  8. Wah udah terlanjur ganti roller L200 baru, mahal juga harga + ongkos pasang 130.000 di Astro Madiun. tapi roller lama dikasihkan diperbaiki dulu buat cadangan.

    BalasHapus
  9. Harus dan wajib saya coba.. thanks broo

    BalasHapus
  10. Wah gan ane juga berhasil gan...!! emang agan Huebat...!! sulang dulu dulu gan

    BalasHapus
  11. posting nya bagus banget gan....
    selama ini sya pusing cari tau masalah sma mekanik printer t13 sya,
    makasih, makasih,makasih

    BalasHapus
  12. postingan keren, sangat membantu..cuma ane bisa bayar pake doa aje boss,moga boss tetep sehat n bisa sharing ilmunya terus he..he... pahala yg pantas buat ente boss, makasih banyak...

    BalasHapus
  13. yang kaya bebini dah ane praktekin dan berhasil..sampe sekarang kostumer ane belom komplain..

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah... makasih banget... semoga pahala ilmu yang bermanfaat terus mengalir.... Amin....

    BalasHapus
  15. terima kasih banyak mas bro..kbetulan saya lagi dapat masalah yg kayak ginian.

    BalasHapus
  16. makasih infonya, skrg printer kantor sy bisa lancar kembali..

    BalasHapus
  17. niccccceeeeeeeee info (y)
    ane pake kalenk susu, untuk mengganjalnya..
    dan ternyata berhasil juga... hehehehe :D

    BalasHapus
  18. salam ... sy pengguna epson L800, masalahnya kl sy lg print ko' langsung menarik kertas banyak. tolong bantuannya dan infonya trimaksih.. Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagian penyaring kertasnya bermasalah gan,, harusnya satu2 gtu gan kan ya,,
      itu mekanik penarik kertas bagian bawah. tepatnya dibawah mekanik dalam kasus ini. dan bongkarannya lebih rumit dari yang kasus ini. silakan dicoba2 gan,,

      Hapus
  19. Terima kasih, sangat membantu..

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Info yang berguna ini.. :)

    bloginformatika.com

    BalasHapus
  22. sebelumnya saya mau ucapkan terima kasih dengan menikuti cara yg agan posting akhirnya printer epson l200 saya yang sebelumny tidak bisa menarik kertas ( harus ditekan baru bisa narik kertas...
    ditunggu posting berikutnya

    BalasHapus
  23. Mantab Lur.....Hatur Nuhun, Sukses!!!

    BalasHapus
  24. thank verry much mas boss,,,i love you full dah,,,

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. widih,,,langsung tokcer mas boss,,,hebat lah postingan nya mkasih banyak mas bos,,,smoga shat dan sukses slalu dah,,,amin ya rabb

    BalasHapus
  27. Luar biasa, bro. Barusan aja saya kerjain L200 nya. Habis waktu sekitar 10 menit. sebenarnya bisa lebih cepat. kelamaan pikir mau diganjel pake apa tuh bagian yg aus. akhirnya nemuin materialnya pake cable ties ukuran 150mm, saya cuma ambil ujungnya sekitar 3mm trus diganjel deh ke dalam lubangnya. and Taadaaaaa.... It works :D

    BalasHapus
  28. thx gan ilmunya, sy sudah praktekan dan berhasil. sukses slalu gan

    BalasHapus
  29. Mak nyosssss infonya...
    makasihhh bray L200 gw ga paper jam lagi... (y)

    BalasHapus

Jangan Lupa Komentarnya Ya!