Selasa, 05 April 2011

Mengatasi Hasil Print Tidak Sempuna

Cara Mengatasi Hasil Print Tidak Sempurna

Sebagian besar penyebab masalah diatas adalah berada pada catrid printer Anda. Berikut langkah - langkah untuk mengatasinya :

> Cek apakah catrid Anda sudah terisi tinta dengan cukup ( isi max -+ 4cc colour dan 8cc black). Bila terlalu banyak maka akan terjadi luber pada nozle dan hasil print tidak normal. Baca ini Trik Mengisi Tinta!
> Jika catrid sudah terisi cukup, tempel nozle/mulut semprot catrid pada tissu kering apabila tidak keluar tinta berarti tinta belum turun (lakukan trik mengisi tinta) namun bisa juga catrid buntu. Apabila ditempel di atas tissu kering tinta keluar, tapi saat ngeprint tidak keluar hasil print sama sekali berarti catrid Anda rusak (chip KO).
> Bila printer modif infus ada kemungkinan supplay tinta ke katrid kurang. (lakukan isi ulang suntik untuk sementara).
> Selain catrid, mekanik juga bisa menyebabkan hasil print tidak sempurna (buram n jarak print melebar/menyempit). Cek Encoder Scale yang bentuknya sperti plastik tipis dan bergaris rapi seperti skala pada penggaris. Letaknya dibelakang Carriage (t4 catrid/berbentuk pita) dan sebelah kanan printer yang bebentuk silinder/bulat. Cek dan pastikan tidak kotor terkena grease dan kedudukkannya tidak kendor.

      Apabila Catrid Anda rusak maka segera diganti saja. Jika buntu rendam catrid dengan air panas atau pembersih head (head cleaner) lalu tiup catrid dr lubang pengisian, lakukan berulang hingga normal. Bila Anda punya vaccum catrid, maka tidak perlu ditiup.

       Semoga bisa bermanfaat!!!!

Entri by : Ansorulloh @ns.comp / gush_ans

256 komentar:

  1. mas mau nanya,.. printer q kok hasilx gak seperti aslinya ya,warna merah tua menjadi keunguan.. tolong penjelasannya,makasih..

    BalasHapus
  2. Ooo itu bisa terjadi karena komposisi tinta birunya yang berlebihan, jadi timbullah warna ungu. Biasanya luber pada warna biru dan warna merah composisinya kurang.

    Kuras / kosongkan catrid merah kemudian isi lagi dan kurangi sedikit volum tinta birunya. Nah jika printer modif infus, hal ini sulit jika dilakukan sendiri.

    Bila catrid rusak, solusi diatas tidak berlaku!
    moga bermanfaat Pa'! thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih om atas bantuannya tadinya saya pikir udah gak bisa di pakek lagi e ternyata printer saya kalok pakek infus sering eror gak karuan heheh hampir saya kiloin ke tukang barang bekas makasi jg untuk blog nya sangat membantu :)

      Hapus
  3. ini saya punya kasus .. hasil print black belang belang .. separo hitam pekat separo hitam terang .. ada solusi ??

    BalasHapus
  4. lihat penjelasan ke 2. ada kemungkinan chip KO separoh.tidak bisa dibaiki, solusinya ganti catridge baru!

    BalasHapus
  5. mas..
    pada saat saya print warna hitamnya berubah menjadi warna merah malah kadang warna ungu..
    ada solusinya gk mas.????

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasus yg sama dengan saya...
      printer saya canon 2770..

      tolong yg tahu solusi'nya harap membantu...


      trimakasih..

      Hapus
    2. @ jacky. Solusinya sudah ad dibawah gan. ni ane copas lg deh..
      "Klo sperti itu biasanya komposisi tintanya kebanyakan mas, klo ungu berarti tinta merah dan biru terlalu banyak volumenya. atau coba mas cek tinta hitamnya ada ga' n pastikan setting penggunaan catrid pada pilihan black n colour (both, bukan auto detect atau colour only.
      selamat mencoba."
      untuk pengisian tinta bisa agan lihat postingan "trik mengisi tinta" pada blog ini. thx

      Hapus
    3. kalau warna hitam berubah jadi ungu itu masalahnya pada setting kertasnya tersetting menggunakan kertas foto, coba ubah settingnya menggunakan kertas biasa.

      pengalaman pribadi :)

      Hapus
    4. masalah saya sama, meskipun printernya saya setting grayscale tetep saja hitamnya gk keluar malah campuran semua warna yg keluar jadi warnanya keungu-unguan gitu..

      Hapus
  6. printer merek n type apa gan? klo sperti itu biasanya komposisi tintanya kebanyakan mas, klo ungu berarti tinta merah dan biru terlalu banyak volumenya. atau coba mas cek tinta hitamnya ada ga' n pastikan setting penggunaan catrid pada pilihan black n colour (both, bukan auto detect atau colour only.
    selamat mencoba.

    BalasHapus
  7. waktu print test page bagus dia....warna keluar semua gambar windowsnya....., tapi waktu ngeprint gambar yg full warna, warna merah jambu jd kekuningan....gmn solusinya mas?

    BalasHapus
  8. merah jambu menjadi kuning disebabkan tinta merahnya tidak keluar secara normal atau kombinasi antara tinta merah dan kuning tidak seimbang (merah keluar lebih sedikit dr yang seharusnya).
    bisa disebabkan karena volume/isi tinta merah dicatrid mendekati habis.
    Solusi,,, cek apakah catrid terisi tinta, apabila sdh terisi dengan cukup ada kemungkinan tinta belum turun, baca trik mengisi tinta diatas.
    atau coba ditest pakai high quality print bos.
    Lebih jelasnya baca dan pahami postinganku diatas secara seksama, pelajari dan perhatikan apa yang terjadi.. hehehe
    selamat mencoba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hight quality print dari maintenance ya mas? printerku canon Mp 145...... Kok ga ada ya di maintenance

      Hapus
  9. di menu main/utama, bukan maintenance. pilih high quality

    BalasHapus
  10. klo print warna hitam nya jd ada garis2 putihnya??
    itu gmn, cz udah deep cleaning + direndam air panas msh te2p aja??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika catrid sudah terisi cukup,sudah di deep cleaning n direndem masih tetep aja.. coba tempel nozle/mulut semprot catrid pada tissu kering,Apabila ditempel di atas tissu kering tinta keluar dengan block hitam sempurna (tidak putus2), tapi saat ngeprint tidak keluar hasil print sama sekali atau putus2, berarti catrid Anda rusak. sulusinya ganti catrid bos klo dah kayak gitu. Bila diatas tisu block hitamnya putus2 berarti catrid anda masih buntu,, coba rendem pakai head cleaner gan.

      Hapus
  11. Mas saya punya canon ip1600 tinta pke infus wkt ngeprint wrn merah jd wrna coklat....catt saya pke catrid wrna yg compatibel thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikuras aja merahnya, caranya lepas selang infus dari catrid trus tiup pakai suntikan(bukan jarum suntiknya) hingga tinta merah keluar dari nozle/mulut semprot. jika hingga habis tintanya masih coklat maka suntikkan tinta merah sedikit trus tiup lg isi lg tiup lg sampai warna merah yang keluar. jika sudah merah maka isi catrid dengan tinta merah secukupnya(4cc). tapi biasanya satu X suntikan sudah hilang warna coklatnya, karena hanya tercampur dibagian bawah ruang catrid merah. silakan dicoba mas ade.

      Hapus
  12. Mas saya punya canon ip1600 tinta pke infus wkt ngeprint wrn merah jd wrna coklat....catt saya pke catrid wrna yg compatibel thanks

    BalasHapus
  13. mas aku kemaren cetah foto hitam putih tp kok pas aku liat keluarnya tinta pada catrid kok warna hitam n merah, n hasil fotonya jd warna hitam kemerahan, enggak hitam sempurna.mohon solusinya n tolong kiri di c4hb4g0s@gmail.com yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Printernya apa bro,, Setting pengeprinannya ke grayscale bro.

      Hapus
  14. gan printer saya untuk ngeprin bagus,tpi di pinggiran kertas ada noda" hitam gtu..
    apanya tu y gan..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jalur kertas kotor mas... bisa disebabkan tinta yang menetes akibat luber/banjir krn kebanyakan isi tinta. bersihkan aja tintanya gan, buka cover n bersihkan jalur kertas yang biasa dilalui catrid saat ngeprint

      Hapus
  15. mas bro ane punya l100 epson knapa ya waktu print kok muncul garis-garis RGB disekitar dalam gambar???solusinya gmn?trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu biasanya kabel headnya rusak mas bro.. diganti biasanya mau mas bro.

      Hapus
  16. kalo tinta biru gak keluar knp ya mas?
    tau cara benerin tinta merah yang ikutan gak keluar gara2 abis di deep cleaning?
    trimz :)

    BalasHapus
  17. Mas... Saya punya printer Canon Mp145 tapi kalau ngeprint tinta warna hitamnya bergaris... gmn cara mengatasinya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry ku kopas dari atas aja dah,, :)
      Jika catrid sudah terisi cukup tnta, tempel nozle/mulut semprot catrid pada tissu kering apabila tidak keluar tinta berarti tinta belum turun (lakukan trik mengisi tinta) namun bisa juga catrid buntu. Apabila ditempel di atas tissu kering tinta keluar, tapi saat ngeprint tidak keluar hasil print sama sekali berarti catrid Anda rusak (chip KO).
      Jika buntu rendam catrid dengan air panas atau pembersih head (head cleaner) lalu tiup catrid dr lubang pengisian, lakukan berulang hingga normal. Bila Anda punya vaccum catrid, maka tidak perlu ditiup.

      Hapus
  18. Gan mau nanya dong.
    Printer ane cannon IP2770 pake tinta infus. Itu kalo ngeprint garis warna hitam, kok gak lurus ya? trus juga rada blur gitu hasilnya. Tapi kalo pake warna si gak masalah. Mohon pencerahannya gan.
    trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kemungkinan selang nyangkut atau pemasangan yang mengganggu trayek catrid,, jadi untuk print garis tidak lurus, untuk membuktikan hal tersebut coba lepas saja infusnya lalu tesprint tabel. nah klo yang berbayang tu ada kotoran (grease=pelumas mekanik) yang mengotori encoder pita yang ada dibelakang catrid. solusinya silakan bersihkan saja dari hal tersebut. hal ini juga bisa menyebabkan garis tidak lurus, jadi sebelum melepas infusnya buat test, bersihkan dulu encodernya. jika encoder bersih masalah selesai maka tidak perlu lepas infusan just for test.

      Hapus
    2. iya, punya saya juga begitu, kalo ngeprint garis warna hitam tidak lurus, dan tulisan ada yang miring, tetap kalau yang warna tidak ada masalah?...sudah saya bersihkan encorder pita nya masih saja garisnya tidak lurus untuk yang tinta hitam.

      Hapus
  19. Untuk printer toner, gimana solusinya? Tulisan gak jelas, padahal sudah diisi tinta.... Please, apa solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf untuk jawaban yang terlampau lama baru muncul.
      ada banyak kemungkinan terjadi masalah tersebut gan,, drum rusak, toner yang tidak cocok, magnetic roller yang tidak lagi kuat ngangkat toner dll.

      Hapus
  20. untuk printer canon ip 2770... saya pake tinta infus,..kok pas ngeprint warna jadi gak sesuai dengan aslinya ya?? kayak kuning jadi pingk trs biru jadi ungu gitu,..solusinya gmn mas??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kuning jadi pink n biru jadi ungu,, berarti tinta merah terlalu banyak keluar sehingga meluber nyamping dan membanjiri nozle kuning dan biru sehingga yang dominan keluar adalah warna merah(magenta). kuning tertutup magenta(pink) dan biru tercampur magenta sehingga menjadi warna ungu. solusinya kurangi volume tinta pada catrid merah/magenta. atau sebelumnya di cleaneng 3x aja dulu.

      Hapus
  21. saya punya epson l100,,, waktu ngprin texs kok hasilnya ada yang bergaris tapi di bagian baris tertentu,,misalnya kalo saya ngprin dengan 1 spasi hasilnya akan bergaris dengan formasi 3, 3, 4,,hmm kayak formasi main bola aja ya,,(Maksud saya 3 baris normal kemudian bergaris, 3 normal kemudian bergari lagi 4 normal lalu bergaris lagi),,, n kalo pake 1,5 sapi formasinya 2 normal lalu bergaris, dua baris normal lalu gergais dst,,, solusinya gimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dicleaning aja dulu pa, garis timbul mungkin disebabkan nozle kotor,, jadi perlu cleaning agar nozle lebih bersih lagi.

      Hapus
  22. maaf, mau tanya... gimana cara mengatasi agar hasil print-out dari printer canon iP2770 tidak muncul garis-garis? dan juga warna merah tidak mau keluar? terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di cleaning dulu mas, karena ada kotoran pada nozle tu mas. klo merah gak keluar isi dulu tintanya. klo sdh diisi mash gak keluar, berarti buntu. Jika buntu rendam catrid dengan air panas atau pembersih head (head cleaner) lalu tiup catrid dr lubang pengisian, lakukan berulang hingga normal. Bila Anda punya vaccum catrid, maka tidak perlu ditiup.

      Hapus
  23. mas,printer saya canon 2700. g' byasanya warnanya jd aneh. akhir-akhir ini hanya warna hitam yang pas waktu ngeprint. kalau print warna, malah jd berubah smua.ko' bisa gto ya mas? thanks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada beberapa kemungkinan penyebab warna menjadi berubah,
      >> karena salah satu tinta tidak keluar karena buntu atau kosong dari tinta atau juga catrid rusak
      >> salahsatu warna tercampur tinta warna lain akibat isi ulang yang terlalu banyak sehingga membanjiri ruang tinta sebelah.
      itu penyebabnya,, solusinya silakan baca postingan diaatas.
      thanks

      Hapus
  24. Bang warna biru g kluar udah di rendem head cleaner ttp g mau kluar . . Ada solusinya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. > Jika catrid sudah terisi cukup, tempel nozle/mulut semprot catrid pada tissu kering apabila tidak keluar tinta berarti tinta belum turun (lakukan trik mengisi tinta) namun bisa juga catrid buntu. Apabila ditempel di atas tissu kering tinta keluar, tapi saat ngeprint tidak keluar hasil print sama sekali berarti catrid Anda rusak (chip KO).
      solusi ganti catrid bang jika chip KO

      Hapus
  25. Tinta biru tdk keluar..... di canon mp 287 infus

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya jika kita baca artiket diatas dengan seksama insyaAlloh sudah bisa ambil kesimpulan gan dari masalah agan diatas.

      Hapus
  26. jika tinta kelluar dari mulut semprot tapi setelah ngeprint tdak bisa mengeluarkan tulisan dan lainnya kenapa? tolong di balas penting.

    BalasHapus
    Balasan
    1. catrid rusak bos and solusinya diganti baru kudu tu.
      fast respon sms ke 081952492601. thanks

      Hapus
  27. mau tanya, saya nge print power point materi kuliah...tetapi saat di print tulisan2 bersih tidak ada kecacatan tetapi pada gambar tulisannya mengalami pecah2...padahal gambar jelas pada ppt...hal ini terjadi setelah ganti catridge baru..oh iya saya menggunakan printer infus canon MP 287

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi volume tinta dalam catrid terlalu berlebihan sehingga terjadi luber pada nozle / mulut semprot. jika tidak, maka juga bisa jadi posisi tabung infus lebih tinggi dari alas printer sehingga menyebabkan tekanan tinggi pada catrid yang menyebabkan luber/banjir pada catrid. solusinya hindari hal tersebut diatas.

      Hapus
  28. bagaimana cara mengatasi tinta merah ngadat pada printer canon ip2770?
    keterangan: tinta infus,walaupun sudah cleaning berkali2 tinta merah tetap tidak keluar,tinta yg lain keluar normal. tinta pada selang normal. waktu dibersihkan menggunakan tissue, ketiga warna ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf pa,, jika diatas tissu ketiga warna keluar normal maka bapa dimohon kerelaannya untuk mengurangi isi dompet untuk membeli catrid baru,, karena solusinya jika hal tersebut terjadi maka catrid kudu diganti. moga bisa diterima n bermanfaat.

      Hapus
  29. saya punya printer epson r230, kebetulan sekarang saya infus dengan tinta saiko griptive. boleh g' satu printer menggunakan 2 tinta infus yang belainan jenis (1 set infus tinta saiko dan 1 set infus tinta dye)secara bergantian dengan cara bobkar pasang sesuai kebutuhan. trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saran saya klo bisa jangan pa, takutnya printhead jadi cepet rusak dan akibatnya ganti printhead dengan harga yang cukup nguran dompet. selian itu juga akan sangat merepotkan bapa karena saetiap nanti bongkar pasang catrid perlu dicleaning hingga hasil print normal yang culup memakan waktu yang lama. jika Anda pelayan jasa cetak photo maka mungkin akan merugikan dari segi waktu dan finansial tentunya. karena pelanggan akan cari cetak photo yang cepat jadi... "otomatis..."

      Hapus
  30. mohon bantuannya mas..saya punya printer ip 2770 memakai infus, setelah dipakai lama - lama dia bilang tintya habis, knapa bisa ya mas padahal ada infusnya, tinta infus ok ok aj.. nah bagaimana cara mengisi tinta kedalam katrig tsb...... terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu mungkin cuma pengen perhatian dikit dari pemilik printernya. jika di monitor ada keterangan catrid run out dan ada tulisannya 5 second,, maka silakan anda tekan dan tahan tombol resume/resaet/stop selama 5 detik saja, maka insyaAlloh printer akan bisa digunakan lagi normal. namun jika yang anda maksud adalah tinta dikatrid tidak terbaca penuh sedangkan pada tabung infus masih banyak,, maka hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena memang dia tidak bisa mendeteksi tinta lain setelah tinta pada catrid asli bawaannya telah habis.

      Hapus
  31. om mau tanya nih,, knpa printer saya kok waktu ngeprint hasilnya sebagian kertas hitam semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. prionternya apa gan,, laser jet inkjet atau dotmatrik. mohon diinfokan merek and type printernya.

      Hapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan tidak terlalu bnyak isi tintanya karena jika kebanyakan volume tintanya maka catrid banjir, itu yang bisa bikin buram juga. isi ulang untuk catrid hitam kurang lebih 7-9cc untuk printr canon. atau ini saya copas daria atas aja.....
      > Cek apakah catrid Anda sudah terisi tinta dengan cukup ( isi max -+ 4cc colour dan 8cc black). Bila terlalu banyak maka akan terjadi luber pada nozle dan hasil print tidak normal. Baca ini Trik Mengisi Tinta!
      > Jika catrid sudah terisi cukup, tempel nozle/mulut semprot catrid pada tissu kering apabila tidak keluar tinta berarti tinta belum turun (lakukan trik mengisi tinta) namun bisa juga catrid buntu. Apabila ditempel di atas tissu kering tinta keluar, tapi saat ngeprint tidak keluar hasil print sama sekali berarti catrid Anda rusak (chip KO) dan kudu ganti catrid.

      Hapus
  33. mau tnya gan , saya punya printer hp photosmart C4680 . pas mau ngeprint terkadang kertas jadi wrna hitam semua dan hasil print juga tidak rapih (miring2 gitu). kira2 kalau ke jasa servis kena berapa ya gan ? kalau bnerin sendiri belum ngerti soalnya :)
    Thx before .

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung penyedia jasa saervisnya mbak masalah tarif perbaikannya.. mungkin mulai kisaran 35rb hingga 50rb.. belum termasuk ganti alat.

      Hapus
  34. gan, mau tanya nie. kalau tinta kuning tidak keluar yg keluar malah merah jambu gmna ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi catridnya rusak... untuk memastikan catrid rusak,,, caranya ambil tissu kering, lepas catrid warnanya,,, tempel nozle/mulut semprot catrid pada tissu kering tersebut,, jika tinta kuningnya keluar pada tissu maka catrid anda rusak,, tapi jika tinta kuning tidak keluar pada tisuu maka catrid anda buntu... jika rusak maka solusinya diganti baru gan,, tapi klo buntu masih bisa diakalai.

      Hapus
  35. mas mo tanyak, padahal di info tintaku full semua, tapi kenapa hitamnya gabisa keluar sama sekali ya ?

    BalasHapus
  36. Assalamu'alaikum Mas Ans, R230 saya sering bergaris hasil cetaknya, namun setelah di cleaning 1-2 kali baru normal,. dua kali ganti merek tinta dye base hasilnya sama sering bergaris, Tinta yang bagus itu yang kayak gimana ya mas ,,, mohon saranyya ,,,,,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinta yang baik klo menurut aku...
      tinta yang tidak menyebabkan buntu pada printhead dan tidak merusak nozle/printhead, hasil print bagus. klo ane disini masih percaya pada merek ALxxINK. belum ada keluhan kebuntuan dll. hasil print menggunakan printer epson 6 warna bening n bagus. harga terjangkau. sudah sampai morotai(maluku utara) kukirim kemaren.hehehe
      malah jd jualan tinta nih.. :)
      jika minat hub.. 08195249601

      Hapus
  37. bro printer saya kalo ngeprin ko buram kenapa ya
    merek nya (canon mp 287)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1....hasil print buram kemungkinan besar bermasalah pada encoder pita yg dibelakang catrid. encoder tersebut kotor terkena grease/pelumas hardware printer. itu jika memang buram, tapi pengertian buram disini cukup rumit jika tidak dilihat langsung hasil printnya. paling tidak ini bisa mengarahkan pada penyelesaian masalah.
      2.... bisa jadi pengisian tintanya yang berlebihan sehingga tinta meluber/netes/keluar sendiri melalui printhead/nozle sehingga menyebabkan hasil print bueram

      Hapus
  38. mas tanya, printerku canon ip2770, buat ngeprint warna ada garis2nya, uda di bersihin lwat maintenance pembersihan sampe permbersihan dalam tapi warna birunya sama hitam masih bergaris-garis padahal merah sama kuningnya baik2 aja.digimanain lagi ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah,, mbak.. gaswat dah tu.. catridnya minta adek lagi.
      > Cek apakah catrid Anda sudah terisi tinta dengan cukup ( isi max -+ 4cc colour dan 8cc black). Bila terlalu banyak maka akan terjadi luber pada nozle dan hasil print tidak normal. Baca Trik Mengisi Tinta pada blog ini!
      > Jika catrid sudah terisi cukup, tempel nozle/mulut semprot catrid pada tissu kering apabila tidak keluar tinta berarti tinta belum turun (lakukan trik mengisi tinta) namun bisa juga catrid buntu. Apabila ditempel di atas tissu kering tinta keluar, tapi saat ngeprint tidak keluar hasil print sama sekali berarti catrid Anda rusak (chip KO).
      jika chip K.O maka solusinya kudun ganti catrid

      Hapus
  39. bang mau tanya, printerku cannon ip2770, klo buat ngeprint kok warnanya pink semua ya? padahal udah tak coba buat ngeprint semua warna,cuma hitam aja yang normal buat ngeprint makalah,
    klo buat ngeprint yang warna pasti jadi pink semua,
    apa solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu terjadi karen tinta biru dan kuningnya tidak keluar. bisa disebabkan karena tidak ada tintanya atau catridnya yang rusak.
      > Cek apakah catrid Anda sudah terisi tinta dengan cukup ( isi max -+ 4cc colour dan 8cc black). Bila terlalu banyak maka akan terjadi luber pada nozle dan hasil print tidak normal. Baca Trik Mengisi Tinta pada blog ini!
      > Jika catrid sudah terisi cukup, tempel nozle/mulut semprot catrid pada tissu kering apabila tidak keluar tinta berarti tinta belum turun (lakukan trik mengisi tinta) namun bisa juga catrid buntu. Apabila ditempel di atas tissu kering tinta keluar, tapi saat ngeprint tidak keluar hasil print sama sekali berarti catrid Anda rusak (chip KO).
      jika chip K.O maka solusinya kudun ganti catrid

      Hapus
  40. mas agan.. saya punya masalah ngeprin tidak sempurnah ni.. kok waktu saya ngeprint hitam putih di lembanya ada ke prin tapi ada yang tidak keprint berbentuk baris lulur keatas sampe bawah gitu. tolong sulusinyaanya mas gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah gan kurang mudah dikangkap ni gan permasalahannya,,
      coba agan upload gambarnya gan.

      Hapus
  41. Mas Mas ada masalah nih pada saat printing..
    saat Cleaning color, black normal tp warna lain hijau.. trs pada saat print hitam putih hasil nya malah hijau padahal saat cleaning black normal.. Tolong kasih solusi nya dong..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin tinta agan tercampur gan. kudu dikuras dulu gan.

      Hapus
  42. Mas pada saat print lebih dari 5 lembar hasil cetakan jadi tidak sempurna, tolong bantuannya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinta pada catrid belum turun seluruhnya sampai dasar catrid. tiup catrid dari lubang pengisian tinta hingga tinta netes satu tetes keluar dari head/nozlenya. pastikan dulu tintanya cukup buat ngeprint puluhan lembar. saat meniup pastikan hanya ada satu lubang, yaitu yang akan anda tiup (tidak ada lubang lain disekitarnya)
      selamat mencoba.

      Hapus
  43. Mas aku punya masalah pada saat mencetak fhoto,yang harusnya merah mlah menjadi pink,solusinya gmna ea mas???mohon penjelasannya ea mass,

    timakasiihh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinta kuningnya gak keluar mba',, kosong mungkin tinta kuningnya.
      > Cek apakah catrid Anda sudah terisi tinta dengan cukup ( isi max -+ 4cc colour dan 8cc black). Bila terlalu banyak maka akan terjadi luber pada nozle dan hasil print tidak normal. Baca Trik Mengisi Tinta pada blog ini!
      > Jika catrid sudah terisi cukup, tempel nozle/mulut semprot catrid pada tissu kering apabila tidak keluar tinta berarti tinta belum turun (lakukan trik mengisi tinta) namun bisa juga catrid buntu. Apabila ditempel di atas tissu kering tinta keluar, tapi saat ngeprint tidak keluar hasil print sama sekali berarti catrid Anda rusak (chip KO).
      jika chip K.O maka solusinya kudun ganti catrid

      Hapus
    2. oh itu ,coba tanya oppung Google.

      Hapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. mohon bantuannya mas.
    hasil print aku berubah warna mas.
    yg kuning berubah menjadi warna hijau,
    yg merah berubah menjadi warna ungu,
    tp yg biru & hitam baik2 aja.
    solusinya supaya kembali seperti semula gmn ya mas?
    tolong dijawab ya mas, terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. oo.. mungkin ibu salah isi tinta bu. ruangan tinta kuning diisi dengan tinta biru sehingga warna menjadi hijau, nah yang ruangan tinta merah diisi tinta biru sehingga warna menjadi ungu. naj solusinya kudu dikuras tu catridnya bu, trus diisi sesuai warnanya.

      Hapus
    2. tapi aku blum ngisi ulang tintanya. masi pake tinta yg waktu pertama kali beli. sebelum2nya gak ada masalah sama hasil print nya, baru kemaren aja yang hasilnya jadi berubah warna.

      Hapus
    3. jika belum ada isi tinta berarti bisa jadi tinta birunya meluber ke nozle sebelahnya yaitu merah dan kuning, maka tercampurlah tinta tersebut sehingga menghasilkan warna yg tidak saeharusnnya.

      Hapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. Mohon petunjuknya mas bro, printerku mp145 pake infus. Pada saat ngeprint word art warna hitam dengan pengaturan standar tinta hitamnya normal, tp pada saat pake pengaturannya high, tinta hitam berubah jd agak kehijauan. Udah cleaning, deep cleaning, reset, on off berkali2 tp hasilnya tetap seperti sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek isi tinta hitamnya gan,,, bisa jadi isi tinta pada catrid hitam kurang atau berlebihan. itu pengaruh pada hasil print.

      Hapus
  48. misi gan numpang tindih; ini ku punya printer epson R230x stylus sudah berkali-kali ku clening kok masih aja tetap bergaris hasil cetkannya solusinya gimana ya..........???

    trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan catrid printernya terisi dengan tinta, karena bisa jadi pada catrid kosong walaupun pada tabung infus berisi banyak tinta. jika masih saja bergaris bisa jadi printhead buntu gan,,, solusi di semprot pakai head cleaner. tapi langkah terakhir aja gan,, coz jika salah pilih head cleaner dan cara menggunakannnya kurang tpat maka bisa tambah parah tu penyakit headnya. jika masih belm berhasil,, diamkan printer dalam kondisi hidup selama satu jam kemudian dites lagi. selamat mencoba and moga berhasil. thanks

      Hapus
  49. salam,

    mas klu problemnya tinta hitam tidak keluar sempurna ( klu pake standart print) tapi klu pake high quality print tinta hitamnya keluar sempurna mas. masalahnya dmana tu ya? dah cleaning beberap kali, tapi masih gitu juga.

    best regard. salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah jika seperti itu bisa jadi catridnya rusak Mas,, untuk memastikannya tempel mulut semprot/nozle catrid diatas tisu kering jika keluar tinta dengan sempurna maka catrid anda divonis rusak dan kudu ganti catrid untuk hasil print sempurna. selamat mencoba

      Hapus
  50. Selamat Sore.

    mas mau nanya, kalau hasil print bergaris tidak rata dan sperti pudar pada catridge warna hitam itu gmna mas cara memperbaikinya. Karena sebulan sebelumnya jg bermasalah sprti itu kmudian diganti catridgenya hasil nya sempurna, tapi setelah itu kembali seperti itu lagi mas. mohon bantuannya mas.. padahal baru sebulan, untuk hasil print catridge yg warna hitam saja.
    terima kasih.

    BalasHapus
  51. sudah di cleaning dan di deep cleaning, d lap catridgenya jg mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. copas dari atas aja..
      > Cek apakah catrid Anda sudah terisi tinta dengan cukup ( isi max -+ 4cc colour dan 8cc black). Bila terlalu banyak maka akan terjadi luber pada nozle dan hasil print tidak normal. Baca ini Trik Mengisi Tinta!
      > Jika catrid sudah terisi cukup, tempel nozle/mulut semprot catrid pada tissu kering apabila tidak keluar tinta berarti tinta belum turun (lakukan trik mengisi tinta) namun bisa juga catrid buntu. Apabila ditempel di atas tissu kering tinta keluar, tapi saat ngeprint tidak keluar hasil print sama sekali atau putus2 berarti catrid Anda rusak (chip KO). solusi ganti catrid lg
      > Bila printer modif infus ada kemungkinan supplay tinta ke katrid kurang. (lakukan isi ulang suntik untuk sementara).

      Hapus
  52. mas bro sya mao tanya klo hasil print warnanya gak sesuai warna kuning g keluar trus warna lainnya misal hijau jadi biru dan sering juga semua warna jdi ungu itu apa penyebabnya mas pdhal sudh dep cleaning oh ia printer sya itu canon ip2770

    BalasHapus
    Balasan
    1. copas dari atas aja..
      > Cek apakah catrid Anda (kuning) sudah terisi tinta dengan cukup ( isi max -+ 4cc colour dan 8cc black). Bila terlalu banyak maka akan terjadi luber pada nozle dan hasil print tidak normal.
      > Jika catrid sudah terisi cukup, tempel nozle/mulut semprot catrid pada tissu kering apabila tidak keluar tinta kuning berarti tinta belum turun (lakukan trik mengisi tinta) namun bisa juga catrid buntu. Apabila ditempel di atas tissu kering tinta kuning keluar, tapi saat ngeprint tidak keluar hasil print kuningnya berarti catrid Anda rusak (chip KO). solusi ganti catrid lg
      > Bila printer modif infus ada kemungkinan supplay tinta ke katrid kurang. (lakukan isi ulang suntik untuk sementara).

      Hapus
  53. mas mau nanya, saya pakai printer canon mp237 baru beli sebulan, terakhir pake seminggu yang lalu tidak bermasalah. barusan saya pake ngeprint huruf tidak keluar sama sekali, tidak ada warna hitam maupun yang lainnya. padahal tinta infusnya masih penuh. gimana cara mengatasinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf untuk pertanyaan yang lama baru saja terjawab,,, untuk kasus ibu diatas,, bisa jadi pada saat ngeprint penutup infusnya tidak dibuka yang menyebabkan tinta tidak turun ke catrid sehingga catrid tidak bisa mengeluarkan tinta dalam bentuk tulisan.

      Hapus
  54. Mas printer epson T60 kalau di print nozle hasilnya sempurna akan tetapi waku print photo maupun lainnya hasilnya kemerahan tdk real gambar aslinya, padahal udah setingan best photo dan kertasnya epson ultara glosy? please infonya

    BalasHapus
  55. Mas printer epson T60 kalau di print nozle hasilnya sempurna akan tetapi waku print photo maupun lainnya hasilnya kemerahan tdk real gambar aslinya, padahal udah setingan best photo dan kertasnya epson ultara glosy? please infonya

    BalasHapus
  56. Mas saya mo tanya, printer epson t1100 tinta pigmentart cetak di kertas art kok tidak sama dengan yang dilayar, warna teks hitam kadang biru tua dan ungu.trus tinta art apa yang tidak berubah bila dicetak pada semua media kertas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah,, mungkin terjadi ketidaksingkronan antara printer dan komputernya jikka memang printer bp tidak bermasalah. pastikan dulu printer anda tidak buntu pada salah satu atau beberapa warna, cara memastikannya yaitu dengan melakukan nocle cek pada menu preference printer. jika semua warna keluar dengan baik tanpa masalah maka coba lakukan konfigurasi pd komputer bp, mungkin driver vga kurang pas, atau terlalu banyak cahaya yang menyinari monitor bp sehingga warna yang bp lihat agak berbeda. mungkin itu sedikit solusi yang bisa saya bantu

      Hapus
  57. Mas bro saya mau tanya, printer canon MP287 kenapa hasil cetak pada foto yang harusnya warna hitam semua menjadi agak kehijauan sebagian?

    BalasHapus
  58. mungkin ualitas tintanya gan yang kurang baik. atau mungkin settingan penggunaan catridnya tersetting pada color only, jadi dia makai catrid warna doang sehingga jika warna hitam yang dicetak maka campuran dari ketiga warna (yellow,magenta,cyan) jadi agak keabu-abuan atau kehijauan.

    BalasHapus
  59. mas bro gan mo tanya klo pas ngeprint masuknya kertas kok jadi miring padahal posisi kertas normal itu disebabkan apa ia mas printer sya itu canon MP287

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ad benda asing yg ngganjel d jalur kertas bs t. Solusinya dbuang aja bnda asing tsb

      Hapus
    2. cara mas bro soalnya saya gak tau kayak gtuan tlong pencerahannya mas bro

      Hapus
    3. ntuk cara bongkar kami tidak bisa menjelaskan via tulisan mas bro,,, terlalu panjang.

      Hapus
  60. mas mau tanya. printerku jenis canon MP 258, pake infus. klo buat ngeprint foto warna merahnya terlalu terang. bagian wajahnya warnanya agak kemerah merahan. terus hasilnya garis2. gmna cara mengatasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk warna yang kemerah2an,, bisa disebabkan komposisi tinta kuningnya kurang juga komposisi dari pencampuran warna lain tidak seimbang. hal ini bisa terjadi jika terdapat masalah pada catrid atau jalur infus yang tidak lancar mensuplay tinta ke catrid. biasanya hal ini terjadi pada catrid/printer yang sudah lama dipakai. untuk catrid baru pada permulaan kerja masih bisa normal jika infusan sedikit mengalami masalah seperti yang saya jelaskan diatas ini tadi. :)

      Hapus
    2. kalo hasil cetak foto bergaris gmn solusinya mas? kebetulan kasus printer saya sama spt itu.

      Hapus
  61. Terima kasih, bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
  62. Min, kalo masalahnya itu waktu ngeprint, kertas udah masuk, tapi langsung dikeluarin lagi. Di kertas gak ada apa-apanya. Putih bersih doang. Itu kondisi tinta printer masih penuh. Printer ane sih printer epson l100. Tolong bantuannya. kalo bisa di e-mail ya.

    e-mail ane : owen.stanpo@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. kondisi tinta pada printer anda tidak ada pengaruhnyna pada permasalahn yang anda keluhkan, masalah yang dialami printer anda bisa terjadi karen sensor kertasnya sudah lemah. permasalahan sensor lemah bisa anda tindak lanjuti dengan menggantinya dengan sensor lain yang masih baik tentunya.
      masalah anda ini timbul bisa disebabkan karena mungkin sebelumnya anda ada telat memasukkan kertas saat printer memerlukannnya. sehingga meraju lah dia. :)

      Hapus
  63. Mohon bantuanya Mas,
    hasil print EP-L200 aku berubah warna mas.
    yg merah berubah menjadi warna merah muda,
    yg coklat berubah menjadi warna coklat muda,
    tp yg biru & hitam baik2 aja.
    solusinya supaya kembali seperti semula gmn ya mas?
    Apa karna tinta warna hitamnya lebih sedikit, karna komposisi tinta saya sekarang adalah tinta warna merah, kuning & biru masih sama rata setengah penuhnya tetapi tinta warna hitam sudah lebih sediki...
    tolong dijawab ya mas, terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kondisi tinta pada tabung infus printer anda tidak ada pengaruhnyna pada permasalahn yang anda keluhkan. sepertinya tinta kuningnya tidak keluar pa... coba dicleaning dulu 2-3 x sampai kuningnya keluar. karena warna merah adalah perpaduan merah muda/magenta dengan kuning. selamat mencoba. mohon maaf baru terbalas.

      Hapus
  64. Alhamdililah saya selamat,,,
    -̶̶•-̶̶•̸Ïž•̸Thank You•̸Ïž•̸-̶̶•-̶. Gan,,,
    Sangat bermanfaat,,,

    BalasHapus
  65. hasil print canon pixma mp237 kok kalau print warna kok yang keluar hanya merah muda semua padahal tintaku banyak
    tolong di kasih saran mas
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai infus ya pa/bu? sepertinya iya. ngeprint warna kok cuma merah muda aja yang keluar! merah muda klo dibahasakan printer = magenta. karena tinta kuning dan birunya tidak keluar maka saat ngeprint gambar yang memerlukan kombinasi semua warna, keluar hanya magenta saja / merah muda. bisa jadi isi tinta pada catrid habis gan/sist. jika iya baca kembali ulasan utama diatas. tinta pada tabung infus tidak bisa dijadikan patokan adanya volume tinta pada catrid. thanks

      Hapus
  66. Mohon Bantuannya Gan
    Pertama Saya Menggunakan Printer IP 2770 infusan setelah beberapa bulan hasil hasil print warna hitam berbayang dan huruf atau garis berbelok belok dan tidak lurus kemudian saya sudah mencoba membersihkan encodernya bahkan encoder juga sdh saya ganti hasilnya masih tetap seperti semula akhirnya saya mencoba mengganti cartridgenya yg black dan hasilnya sempurna namun hanya bertahan seminggu kemudian kembali seperti penyakitnya semula.
    problem seperti itu juga saya alami pada printer saya MP287
    pertanyaan Saya apakah ada kerusakan dibagian yg lain selain encodernya ?
    Sebelum dan sesudahnya Saya Ucapkan Terima Kasih.

    Rommi
    Balikpapan City

    BalasHapus
    Balasan
    1. berdasarkan pengalaman.,,,, mungkin selang infusnya terpasang kurang tepat sehingga carriage unit membentur selang saat aktifitas print berjalan ke kanan dan ke kiri sehingga menyebabkan hentakan dan timbul lah bayangan pada tulisan. jika ingin memastikan,, silakan coba gunakan printer tanpa infus untuk sementara pengetesan. jika masalah belum kelar, jangan pasang dulu infusannya lalu gunakan fasilitas print head algment pada menu driver printernya. semoga sedikit memberikan pencerahan.

      Hapus
  67. mau tanya , printerku canon ip 2770 , baru 2kali pake hasil cetaknya langsung kacau , berbayang dan hurufnya berbelok2 . udah ganti carttidgenya tapi baru 4kali pakai kembali gitu lagi , pemakaian wajar .

    BalasHapus
    Balasan
    1. malah mbak zulfah sepertinya mirip atau = diatas... monggo baca penjelasan diatas mbak sebelumnya. thanks

      Hapus
  68. mau numpang nanyak gan, printerku abis di isi ulang tintanyaa. pas dibuat print gambar yg warnanya ada unsur hijau dan merah, malah hasilnyaa coklat. itu kenapa ya gan ? mohon bantuannyaaa :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohh bisa jadi salah isi catrid warnanya mbak, ini sering terjadi karena ketidak tauan pemakai dalam mengisi tinta warna pada 3 lubang pengisian catrid, jadi,,, ya warnanya kacau saat diprint. nanti InsyaAlloh akan di posting kondisi catrid normal dan rusak.

      Hapus
  69. Mau tanya, print saya tinta hitamnya tidak keluar, tapi jika setting print di ganti pencetakan foto hasilnya biasa. Kalo standar gk bisa keluar yang htam. Gimana solusinya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi catrid rusak sudah tu gan.. gak kuat lg kerja seperti biasanya. jadi kudu ganti catrid gan. apakah sdh dicoba dengan catrid lain yang normal.?

      Hapus
    2. Itu barusan diganti catridnya, tpi klo di setting foto itu bisa. Jadi masih catridnya?

      Hapus
    3. NOZLE CEK APAKAH KELUAR NORMAL TINTANYA? coba agan pindah catridnya ke printer lain jika ada. atau catrid printer lain yang masih baik aga pindah ke printer agan. jadi nanti ketahuan mana dan apanya yang rusak gan.

      Hapus
  70. Mau tanya, print saya tinta kuningnya tidak keluar,jika setting print di ganti pencetakan high hasilnya juga g ada perubahan. Kalo standar gk bisa keluar yang kuning. Gimana solusinya gan? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tempel nozle/mulut semprot catrid pada tissu kering apabila tidak keluar tinta berarti tinta belum turun, namun bisa juga catrid buntu. Apabila ditempel di atas tissu kering tinta keluar, tapi saat ngeprint tidak keluar hasil print sama sekali berarti catrid Anda rusak (chip KO). solusi ganti catrid warna.

      Hapus
  71. Maaf mas mau nax, jnis printq canon 2770, masalahx stiap mau print mesti ganti kuality jd "high" jadix proses print jd lambat dibanding standar. kalu pake standar contoh prin teks word jadinya antara tiap baris kabur,, tolong bantuanx.. mkasih sbelumnya.

    BalasHapus
  72. mau tanya mas, printerku Canon IP 2770, infusan
    tiap kali ngeprint warna hitam kenapa jadinya warna keabu2an ya..pdahal perasaan settingannya engga di otak atik, biasanya bisa, baru akhir2 ini aja. tintanya juga masih banyak.
    mohon bantuan solusinya
    mksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di cleaning dl bu sampai warna normal, itu tintanya meluber ke warna sebelah, jadi kecampur.

      Hapus
  73. Mas, minta pencerahannya. hasil print hitamnya bergaris2, jadi hasil cetakannya kurang bagus tapi tinta warnanya masih bagus, masalhanya dimana tuh mas! print saya canon P287...

    BalasHapus
  74. bro z mau tanya... jika kita punya hasil print tidak ada warna merahnya sedangakan jika kita tempel mulut catrignya pada tisu ada warna merahnya.... itu bagainama ka..??

    tolong solusinyanya ya... thx

    BalasHapus
  75. Mas..., maaf mo nanya juga, printer sy ip2770..., saat ngeprint warna abu2 kenapa ya munculnya warna cokelat...., sy kira warna hitam habis, tetapi sy coba print tulisan hitam (bukan foto), kondisi hasil normal hitam. sy pakai suntikan dan semua warna sudah sy suntik normal. kira2 kenapa ya..., setiap sy print foto abu2 berubah menjadi cokelat dan tulisan hitam dlm fotopun ikut berubah menjadi cokelat. Mohon solusinya. Thx.

    BalasHapus
  76. mas mau nanya, printer canon e500, habis di refill, kalau cetak foto separuh bagus, separuh agak buram, bisa bantu.... tks

    BalasHapus
  77. saya ngeprint warna merah, tp jadinya warna kuning kehijauan. apa yg salah ya? mohon bantuannya. padahal catrige baru saja diganti. printer saya cannon MP258

    BalasHapus
  78. mau nanya mas... printer saya canon IP 2770 klo di cleaning hasilnya warna yg BK (HITAM) bagus trus untuk warna c (biru)atas bagus tapi untuk warna c bawah tdak keluar,warna M(merah)atas keluar tapi M bawh tidak,warna Y(kuning )atas keluar tapi C bawah tidak keluar ... jadi klo cetak foto mnggunakan setting foto warna yg agak terang tidak keluar... gimana solusinya mas...

    BalasHapus
  79. gan, saya mau nanya,. saya habis ngeprint foto ukuran 10 R yang backgroundnya warna merah cerah (di laptop). .tapi pas di print out, ko warna merahnya jadi bergaris-garis. . . di tunggu solusinya gan?
    terimakasih atas jawabannya. .

    BalasHapus
  80. numpang tanya mas, , saya punya printer epson 1390 ketika beli pertama kali langsung di coba cetakan sebelah kanan atas membias .......mohon infonya ...terima kasih....

    BalasHapus
  81. mau nanya nih
    kalau printer hp laser jet 1005 saat print tidak keluar hasil print nya tapi statusnya sudah print tapi tidak keluar hasilnya
    kasih solusi dong

    tanks sebelumnya

    BalasHapus
  82. gan mau nanya nih .
    kenapa kalo saya printer gambar pasti gambarnya jadi ada garis garis warna hijau. itu kenapa yah ?

    BalasHapus
  83. mz mw tanya...
    saya punya printer canon ip2770....waktu q nozle check yg warna cyan n magentax gak keluar trs utk yellowx kluar orange...nah itu gmn ngatasix ya mz.....pdahal q tempelin ditisu kering tinta wrnanya keluar smw

    BalasHapus
  84. saya punya printer canon ip2770....waktu q nozle check yg warna cyan n magentax gak keluar trs utk yellowx kluar cokelat...nah itu gmn ngatasix ya mz

    BalasHapus
  85. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  86. mau tanya, printer mp237 baru beli, ada bayangan teks biru(tapi aq print hitam) saat print satu paragraf tertentu, tapi paragraf lainnya tidak ada. di coba berulang2 jug paragraf itu saja yang ada bayangannya yang lain tidak.ini kenapa? solusinya bagaimana

    BalasHapus
  87. mau tnya, printer canon ip2770 tinta hitam putus2 gimana solusi terbaiknya? udah di kringkan dengan tisu juga tapi hasilnya mash sperti itu? mohon solusinya

    BalasHapus
  88. mau tanya printer saya hp laserjet p1102, setelah di isi toner hasil printnya jadi ga jelas..mohon solusinya

    BalasHapus
  89. mas mau tanya. printer saya canon e510 infus. baru seminggu pakai tapi cetak foto hasilnya blur. kalau print kertas biasa warna hitamnya buram. sudah saya nozle & cleaning hasilnya sama. mohon pencerahannya. apa karena tinta luber atau encodernya kotor? thx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. warnanya berbayang kali, ya.. mungkin encodernya kotor atau rel cartridgenya kering. rel cartridge yaitu logam yang memegang rumah catridge. lumuri saja dengan sedikit oli

      Hapus
  90. maaf ni mas mau tanya saya punya printer canon mp237 pada saat mencetak foto berwarna kok ada garis-garis biru ya mas mohon pencerahannya terima kasih.

    BalasHapus
  91. mas mau tanya, , printer saya HP 1050 cartridge warnanya rusak, terus saya ganti cartridge baru . . tapi pas ngeprint warna hasil nya jadi ketutup warna biru semua , , sedangkan yang hitam normal , , mohon solusinya , , terimakasih

    BalasHapus
  92. maaf mas, saya mo nanya ni, printer saya mp258 infus, keadaan semua tinta lagi penuh ni tapi kok hasil printnya warna kuningnya kabur gitu, saya sudah cek dengan menempel tisu kering di mulut semprot catridgenya semua warnanya baik merah biru kuning keluar, mohon solusinya mas, thanks!

    BalasHapus
  93. mas maaf mau tanya printer hp laserjet P1102 pny saya kl buat ngeprint hsilnya ada bercak garis hitam di samping kertas ya...gmn solusi nya..trimksh.

    BalasHapus
  94. masta.... mau tanya,,, IP2770 saya warna yang terang / cerah bisa keluar tapi yang warna muda tidak bisa keluar,,, waktu cek nozzle kenapa yah ??
    mohon bantuannya

    BalasHapus
  95. mas saya mau tanya printer saya canon IP2770 tintah ny berwarna ungu
    bisa kah saya mengurangi volume merah dan biru nya ?

    BalasHapus
  96. Kami punya R1390 sudah dilakukan head cleaning, di tiup pada head dan titnta tumpah semua, semprotkan cleaner pd head, tp kok masih bergaris ya? apa catride mulai error????

    kebetulan saya menggunakan tinta pigmen

    BalasHapus
  97. ane punya printer T1100 baru, pertama dipake print bagus (fulcolor), selang sehari hasil printer jadi bergaris, garis tersebut bukan karena tinta tapi karena GIR kecil penarik kertas terakhir yang berjumlah 33 Gir. setiap print warna agak pekat selalu bergaris, saya kira kotor ternyata GIR tersebut terlalu menekan kertas. tolong solusinya mas bro....?????

    BalasHapus
  98. ane punya printer T1100 baru, pertama dipake print bagus (fulcolor), selang sehari hasil printer jadi bergaris, garis tersebut bukan karena tinta tapi karena GIR kecil penarik kertas terakhir yang berjumlah 33 Gir. setiap print warna agak pekat selalu bergaris, saya kira kotor ternyata GIR tersebut terlalu menekan kertas. tolong solusinya mas bro....?????

    BalasHapus
  99. ane punya printer T1100 baru, pertama dipake print bagus (fulcolor), selang sehari hasil printer jadi bergaris, garis tersebut bukan karena tinta tapi karena GIR kecil penarik kertas terakhir yang berjumlah 33 Gir. setiap print warna agak pekat selalu bergaris, saya kira kotor ternyata GIR tersebut terlalu menekan kertas. tolong solusinya mas bro....?????

    BalasHapus
  100. ane punya printer T1100 baru, pertama dipake print bagus (fulcolor), selang sehari hasil printer jadi bergaris, garis tersebut bukan karena tinta tapi karena GIR kecil penarik kertas terakhir yang berjumlah 33 Gir. setiap print warna agak pekat selalu bergaris, saya kira kotor ternyata GIR tersebut terlalu menekan kertas. tolong solusinya mas bro....?????

    BalasHapus
  101. ane punya printer T1100 baru, pertama dipake print bagus (fulcolor), selang sehari hasil printer jadi bergaris, garis tersebut bukan karena tinta tapi karena GIR kecil penarik kertas terakhir yang berjumlah 33 Gir. setiap print warna agak pekat selalu bergaris, saya kira kotor ternyata GIR tersebut terlalu menekan kertas. tolong solusinya mas bro....?????

    BalasHapus
  102. ane punya printer T1100 baru, pertama dipake print bagus (fulcolor), selang sehari hasil printer jadi bergaris, garis tersebut bukan karena tinta tapi karena GIR kecil penarik kertas terakhir yang berjumlah 33 Gir. setiap print warna agak pekat selalu bergaris, saya kira kotor ternyata GIR tersebut terlalu menekan kertas. tolong solusinya mas bro....?????

    BalasHapus
  103. ane punya printer T1100 baru, pertama dipake print bagus (fulcolor), selang sehari hasil printer jadi bergaris, garis tersebut bukan karena tinta tapi karena GIR kecil penarik kertas terakhir yang berjumlah 33 Gir. setiap print warna agak pekat selalu bergaris, saya kira kotor ternyata GIR tersebut terlalu menekan kertas. tolong solusinya mas bro....?????

    BalasHapus
  104. ane punya printer T1100 baru, pertama dipake print bagus (fulcolor), selang sehari hasil printer jadi bergaris, garis tersebut bukan karena tinta tapi karena GIR kecil penarik kertas terakhir yang berjumlah 33 Gir. setiap print warna agak pekat selalu bergaris, saya kira kotor ternyata GIR tersebut terlalu menekan kertas. tolong solusinya mas bro....?????

    BalasHapus
  105. ane punya printer T1100 baru, pertama dipake print bagus (fulcolor), selang sehari hasil printer jadi bergaris, garis tersebut bukan karena tinta tapi karena GIR kecil penarik kertas terakhir yang berjumlah 33 Gir. setiap print warna agak pekat selalu bergaris, saya kira kotor ternyata GIR tersebut terlalu menekan kertas. tolong solusinya mas bro....?????

    BalasHapus
  106. Mas printer canno mp230 ,padahal saya sudah isi tinta nya tetap aja warnanya kekuningan itu kerena pa mas

    BalasHapus
  107. mas saya punya printer hp deskjet 1010, tinta warna hitam pada saat di print bergaris kadang tidak keluar. solusi gmna gan?

    BalasHapus
  108. gan ..printer sya canon MG2570 CUMA KETIKA BUAT NGPRINT HASIL WARNA NYA HARUSNYA PUTIH KOQ JADI HIJAU DAN SLALU BERUBAH UBAH'TLG ILMUNYA....THANKS

    BalasHapus
  109. bagaimana caranya gan, ketika saya cetak poto kenapa hasil warnanya suka kehijauan padahal katrijte color yang saya beli baru.faktor apa itu gan saya merasa kebingungan printer masih bagus hasil tempel katrijte ke tisu bagus tolong caranya gmna gan google?

    BalasHapus
  110. Mas, printer saya merk Canon MX397 tinta refill sendiri. Setelah saya deep cleaning dan print pattern cheque. Hasil cetakan tinta hitamnya tidak sempurna. Jadi teksnya itu cuma tercetak sebagiannya aja. Bagian atas teks tidak tercetak. ( setengah hilang ). Sebelumnya sudah direfill dan dibersihkan encodernya. tapi tetep begitu tuu.. kira-kira masalahnya ada dimananya yaa? dan solusi nya apaa ?? mohon pencerahannya mas Agan.. :D Terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika diatas tisu tinta keluar normal (tidak cuma sparoh) maka catrid anda bisa dipastikan rusak n solusinya kudu diganti. tapi jika di atas tisu keluar tinta juga sparoh sama kayak di nozle cek, maka bisa jadi catrid anda buntu sparoh saja. jika buntu rendamlah seseuai instruksi diatas. tapi jika pemakaian printer anda gunakan secara rutin n sering maka kemungkinan buntu adalah tidak, kecuali anda memakai tinta yang kental sehingga jika tidak dipakai 2 atau 3 hari akan terjadi buntu.
      demikian semoga bermanfaat.
      mohon maaf lambat balas, semoga bermanfaat bagi para penbaca meskipun yang punya masalah sudah solved dari sumber lain. :)

      Hapus
  111. Gan printer ane epson l300 pke tinta sublim..knp hsil print hitam'a kurng pekat??trus gmn supya hsil print jd hitam pekat..thks

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe,,, klo tinta sublime emank kurang pekat gan.....
      sublime biasanya digunakan untuk kertas transfer dam pembuatan mug bergambar/bertulisan. jadi klo untuk cetak dokumen ya gak pekat gan. klo untuk hasil yang pekat ya diganti dengan tinta dye base aja gan (tinta biasa/bawa'an asli epson). yang pasti sublime hasil cetak untuk dokument tidak pekat. pilih tinta sesuai kebutuhan gan. moga membantu

      mohon maaf lambat balas, semoga bermanfaat bagi para penbaca meskipun yang punya masalah sudah solved dari sumber lain. :)

      Hapus
  112. makasih om sangat membantu om

    BalasHapus
  113. mas..printer sy epson t110 udah d modifikasi
    cuma kalo ngeprin warna biru Full A3 cuma keluar separoh yg separohnya lagi jadi warna merah apa penyebabnya ya?
    tolong bantuannya ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. warna biru merupakan kombinasi antara warna cyan(awam=biru) dan magenta(awam=merah), jadi ketika warna cyan dicampur dengan warna magenta maka warna menjadi warna biru/blue, pada kasus agan menurut analisa saya tinta/catrid yg berisi tinta cyan tidak lancar mengeluarkan tinta sehingga saat sampai sparoh ngeprint cyan nya macet. hal ini bisa disebabkan volume tinta pada catid cyan tidak cukup untu cetak full halaman A3.
      ada beberapa penyebab hal tsb terjadi. pertama volume tinta pada catrid(catrid beda dg tabung modif infus ya) hanya sedikit shingga gak cukup u/ print sehalaman full biru.
      kedua, catrid cyan rusak pada seal karet bawah maupun atas sehingga head tidak bisa nyedot tinta dari catrid secara maksimal karena catrid tidak vacum
      ketiga, terjadi pengendapan pada tinta di tabung infus maupun catrid cyan sehingga tinta susah di sedot oleh printer/head saat proses pencetakan.

      solusinya,,, pastikan tinta tidak mengendap
      pastikan catrid normal terutama seal karet selang infusnya tidak bocor/tidak vaccum.

      itu dulu gan lah, solusi lain pastikan penyebab diatas tidak terjadi/ tidak ada lagi pada printer anda. moga bermanfaat.:)

      Hapus
  114. mas kalo printer hp DJ1010 bisa cetak tanpa border ga ya ?

    BalasHapus
  115. Mas head epson t1100 ama r230 brapa hargax

    BalasHapus
  116. mas aku punya printer hp laserjet kalu dipake ngeprint lay out gambar hanya 3 cm meter dari awal selalu pekat selebihnya kabur,saya sudah mencoba ganti partnya yang saya curigai seperti opc drum doctor blade wiper blade magnetic roller sampai bubuk toner saya sudah coba gonta ganti tetapi hasilnya cuman seperti itu.nah kebetulan teman habis beli toner cartrid merek printec 35A aku tak coba2 pasang diprinterku ternyata hasilnya bagus.untuk itu cartrid toner saya letak permasalahanya dimana ya mas trima kasih

    BalasHapus
  117. asslmu'alaikum WR.WB
    saya ada printer canon MP237, waktu saya tes print hasilnya bagus, tapi waktu saya tes poto copy "black" kenpa bergris putih ya ?? sedngkan saya poto copy dengan warna, hasilnya bagus !
    MOHON INTRUKSINYA NDAAN :D TRIMS

    BalasHapus

Jangan Lupa Komentarnya Ya!

Konsultasi GRATIS seputar masalah Printermu

Hai brrrooooo... Mohon maaf banget mati suri 4 tahun lebih karena emang hobby ngenet belum terlalu saya perhatikan. Selain daripada sibuk ...